Previous Next

Ziarah ke Gereja Awal di Turkey Oktober 2019


Detail Paket


Gereja awal di jaman para Rasul sudah ada di Negara Turkey bagunlah Jemaat ku di batu karang ini..

Jaman Para Rasul Gereja sudah berdiri inilah Penyingkapan 7 Gereja Awal di Turki

Tujuh Gereja Wahyu di Turki juga dikenal sebagai gereja-gereja Asia Kecil dan sebagaimana disebutkan dalam Perjanjian Baru, semuanya berada di wilayah Aegean di Turki. Beberapa gereja, hanya tersisa bayangan dari masa kejayaan Umat Kristen kuno. Hingga saat ini masih tersisa sedikit puing-puing gereja yang merupakan bukti dari upaya penelitian arkeologi yang dilakukan setengah hati, sementara yang lain sekarang telah menjadi tempat wisata religius di Turki.

Sebagai titik puncak dalam sejarah Kekristenan awal, semua gereja awal menerima sepucuk surat dari Santo Yohanes yang memuji mereka karena perbuatan baik mereka dan juga bagaimana peningkatan iman mereka terhadap Kristus. Setiap surat juga unik dan sementara surat-surat itu ditujukan kepada gereja-gereja, terutama mengacu pada kota-kota di wilayah tersebut.

 

7 Gereja Turki

Peta 7 Gereja (Kota) mula-mula dalam Kitab Wahyu.

Tujuh Jemaat di Asia Kecil, juga dikenal sebagai Tujuh Jemaat di Asia merupakan 7 gereja di Provinsi Romawi, Asia, yang disebutkan dalam Kitab Wahyu kepada Yohanes di Perjanjian Baru dalam Alkitab Kristen, khususnya pada pasal 1, 2 dan 3. Yohanes sedang berada di pulau Patmos dalam pembuangan atas perintah Kekaisaran Romawi karena mengajarkan iman Kristen. Ketika di sana ia mendapatkan penglihatan di mana ia melihat dan mendengar Yesus Kristus berbicara kepadanya dan memerintahkannya untuk menulis surat kepada tujuh jemaat tertentu. Ke tujuh jemaat itu adalah:

Efesus (Why 2:1-7) – gereja yang telah meninggalkan kasih mula-mula
Smirna (Why 2:8-11) – gereja yang dianiaya
Pergamus (Why 2:12-17) – gereja yang perlu bertobat
Tiatira (Why 2:18-29) – gereja yang mengijinkan nabi palsu (wanita) mengajar dan menyesatkan jemaatnya.
Sardis (Why 3:1-6) – gereja yang ter”tidur”.
Filadelfia (Why 3:7-13) – gereja yang dengan tekun menantikan Kristus.
Laodikia (Why 3:14-22) – gereja yang memiliki iman “suam-suam kuku”.

1. EFESUS (EPHESOS)

Ephesos atau Efesus adalah kota Yunani kuno yang paling terkenal diantara 7 Gereja di Turki, dan di kemudian hari menjadi kota Romawi, di pesisir barat Asia Kecil, dekat Selçuk modern, Provinsi Izmir, Turki. Kota ini adalah salah satu dari dua belas kota anggota Liga Ionia pada masa Yunani Klasik. Pada masa Romawi, selama bertahun-tahun kota ini menjadi kota kedua terbesar di Romawi setelah kota Roma. Ephesos memiliki populasi sejumlah lebih dari 250.000 orang pada abad ke-1 SM, yang ketika itu menjadikannya sebagai kota terbesar kedua di dunia.

 

Efesus

Reruntuhan Gereja Perawan Maria di Efesus, Turki.

Efesus adalah salah satu dari tujuh Jemaat di Asia Kecil yang disebutkan dalam Kitab Wahyu kepada Yohanes. Diduga Yohanes menulis Injilnya di kota ini.Pada abad ke-5 kota ini menjadi tempat pertemuan besar orang Kristen, yang disebut “Konsili”, salah satu yang terkenal adalah “Konsili Efesus”.

2. SMIRNA (SMYRNA)

Smirna adalah kota kuno yang terletak di bagian tengah dan strategis di pantai Laut Aegea dari wilayah Anatolia. Karena kondisi pelabuhan yang menguntungkan, mudahnya dipertahankan dan hubungan darat yang bagus, kota Smirna berkembang menjadi penting. Lokasinya sekarang ini terletak di dalam daerah kota modern İzmir, Turki.

Sebagai salah satu kota Romawi penting di provinsi Asia, Smirna bersaing dengan kota Efesus dan Pergamum untuk gelar “Kota Paling Utama di Asia.”

 

Gereja Turki

Salah satu reruntuhan gereja di Smyrna, Turki.

Sebuah gereja Kristen berdiri di sini sejak awal sekali, mungkin bertumbuh dari koloni orang Yahudi. Merupakan salah satu dari “tujuh jemaat di Asia” yang disebutkan namanya dalam Kitab Wahyu. Santo Ignatius dari Antiokhia mengunjungi Smirna dan kemudian menulis surat-surat kepada uskupnya, Polikarpus. Gerombolan orang Yahudi dan Yunani menyebabkan Polikarpus mati syahid pada tahun 153 M. Ireneus, yang pernah mendengarkan Polikarpus ketika masih kecil, nampaknya berasal dari Smirna. Penduduk kota lain yang terkenal dan dari zaman yang sama adalah Aelius Aristides.

3. PERGAMUS (PERGAMON)

Pergamum atau Pergamon adalah sebuah kota Yunani Kuno, di Mysia, sebelah barat laut Anatolia, 16 mil dari Laut Aegea, terletak di ujung sisi utara sungai Caicus (kini Bakırçay). Pergamum memiliki perpustakaan terbaik pada saat peradaban Yunani kuno setelah perpustakaan di Alexandria, Mesir.

 

Pemandangan indah di Kota Pergamus.

Pada abad pertama, gereja Kristen di Pergamum disebutkan sebagai salah satu dari 7 gereja di Turki pada kitab Wahyu (Wahyu 1:11).

4. TIATIRA (AKHISAR)

Tiatira (Thyateira atau Thyatira) adalah sebuah kota kuno Yunani yang sekarang ini adalah kota modern Akhisar di negara Turki. Nama kuno ini berasal dari bahasa Yunani Koine “Θυάτειρα”. Terjemahan bahasa Turki yang setara dengan Thyateira adalah Tepe Mezarlığı, artinya “kuburan bukit”. Terletak di bagian barat Turki, sebelah selatan Istanbul dan ke arah timur dari Athena. Berjarak sekitar 50 mil (80 km) dari Laut Tengah.

 

Paket Tour Turki

Reruntuhan gereja di Kota Tiatira.

Kota ini mula-mula dikenal sebagai Pelopia, tetapi dinamai Thyateira oleh raja Seleucus I Nicator pada tahun 290 SM. Ia sedang berperang melawan Lysimachus ketika mendengar bahwa istrinya melahirkan seorang putri.

Dalam zaman gereja Kristen mula-mula di abad pertama Masehi, Tiatira adalah tempat gereja penting yang disebut sebagai salah satu dari tujuh gereja di Asia dalam kitab Wahyu kepada Yohanes.Menurut kitab tersebut, seorang wanita yang disebut “Izebel” dan menyebut dirinya seorang nabiah, mengajar dan menyesatkan orang Kristen di Tiatira untuk berbuat mesum dan makan makanan yang dipersembahkan kepada berhala.

Rasul Paulus dan Silas mungkin saja mengunjungi Tiatira dalam perjalanannya yang kedua atau ketiga, meskipun tidak ada bukti kuat, selain dicatat bahwa mereka melalui sejumlah kota-kota yang tidak disebut namanya di daerah itu dalam perjalanannya yang kedua. Ketika pertama kalinya sampai di kota Filipi, Paulus dan Silas tinggal di tempat seorang perempuan bernama Lidia, penjual kain ungu dari Tiatira, yang beserta seluruh keluarganya merupakan orang Kristen pertama di tempat itu. Perempuan itu terus menolong mereka ketika dipenjarakan dan sampai dilepaskan.

5. SARDIS (SARDES)

Sardis atau Sardes adalah kota kuno di tempat yang kini mejadi Sart modern (Sartmahmut sebelum 19 Oktober 2005) di Provinsi Manisa di Turki. Sepanjang sejarahnya, Sardis merupakan kota yang penting. Kota ini adalah ibukota kuno kerajaan Lydia, kota penting di Kekasiaran Persia, kota tempat prokonsul di Kekaisaran Romawi, dan kota besar di provinsi Lydia di Kekaisaran Bizantium.

Sebagai salah satu dari Tujuh gereja di Asia, kota ini disebut dalam Kitab Wahyu 3:1. Kota ini menjadi penting antara lain karena kekuatan militernya, letaknya yang terletak di jalur menuju pesisir Aigea, dan karena memiliki tanah subur di Hermus.

6. FILADELFIA (ALASEHIR)

Alaşehir, dalam zaman kuno sampai Abad Pertengahan dikenal dengan nama Filadelfia, artinya “kasih sayang persaudaraan”, sekarang adalah sebuah kota dan distrik di Provinsi Manisa, di daerah Aegea, negara Turki. Terletak di lembah Kuzuçay, di kaki gunung Bozdağ. Kota ini dihubungkan dengan kota İzmir dengan sebuah jalur kereta api sepanjang 105 km (65 mil). Walikota yang menjabat lama adalah Gökhan Karaçoban.

 

Bekas reruntuhan kota kuno di Fildelfia, Turki yang sekarang dikenal dengan Alaşehir.

 

Filadelfia adalah pusat daerah penghasil anggur yang makmur, dan dewa utamanya ialah Dionisus, dewa anggur. Beberapa kali daerah itu dilanda gempa bumi, dan salah satunya menghancurkan Filadelfia pada tahun 17 M. Dengan bantuan dana dari Roma, kota itu dibangun kembali dan diberi nama Neokaisarea (Kaisarea Baru) dan belakangan, Flavia. Di lokasi tersebut sekarang terdapat Alasehir modern. Kota kunonya adalah pusat penyebaran Helenisme di Asia Kecil.

 

Jelas ada orang Yahudi di Filadelfia, sebab Wahyu 3:9 menyebutkan ”orang-orang dari sinagoga Setan yang mengatakan bahwa mereka adalah orang Yahudi”. Orang-orang ini mungkin menentang orang Kristen yang setia di kota itu dengan mencoba menarik kembali orang Kristen yang tadinya menganut Yudaisme sejak lahir atau membujuk mereka untuk mempertahankan atau melakukan kembali beberapa praktek Hukum Musa. Upaya itu tidak berhasil. Yesus memuji orang-orang Kristen itu karena ketekunan mereka. Ia menganjurkan mereka untuk ’terus memegang erat’ apa yang mereka miliki.—Why 3:9-11.

 

7. LAODIKIA (LAODICEA)

Laodikia adalah salah satu 7 Gereja di Turki di tepi sungai Lycus dahulu juga dikenal sebagai Diospolis adalah kota metropolitan kuno di Phrygia Pacatiana, yang dibangun di tepi sungai Lycus, di Anatolia dekat desa modern Eskihisar, Denizli, Turki.

 

Laodekia, Turki

Pada abad pertama M, ada sebuah sidang jemaat Kristen di Laodikia yang kelihatannya berhimpun di rumah Nimfa, seorang saudari Kristen di sana. Tidak diragukan, Epafras turut membentuk sidang jemaat tersebut. (Kol 4:12, 13, 15) Selain itu, pekerjaan Paulus di Efesus mungkin sekali berpengaruh sampai ke Laodikia. (Kis 19:10) Walaupun tidak berdinas di sana secara pribadi, Paulus memikirkan sidang jemaat di Laodikia, bahkan menulis surat kepada mereka. (Kol 2:1; 4:16) Akan tetapi, menurut beberapa pakar, surat Paulus itu hanyalah duplikat dari surat yang ia kirimkan ke Efesus. Tentu saja itu sekadar teori, suatu upaya untuk menjelaskan fakta bahwa Alkitab tidak memuat surat Paulus kepada jemaat Laodikia, walaupun ia pernah menulis surat kepada mereka. Surat ke Laodikia mungkin hanya memuat informasi yang tidak kita butuhkan dewasa ini, atau bisa jadi memuat ulangan pokok-pokok yang telah dibahas secara cukup jelas di surat-surat kanonis lainnya.

 

 sekalian kita terbang dgn balon Udara

Fasilitas yang didapat :

  1. Baju kaos seragam dua
  2. Buku doa.
  3. Jaket

Paket Include :

  1. Transportasi Bus Pariwisata
  2. Menginap di Hotel bintang3***
  3. Pesawat Etihad/Qatar/turkeyairline




Informasi Tambahan


Durasi Ziarah 9 Hari
Lokasi Turkey
Tempat Berkumpul Start Bandara Jakarta
Jumlah Peserta Maksimal 30 orang
Pendamping Romo / Pastur ..
Wisata (BONUS) kaos
Biaya Rp.20.000.000 /person

Hubungi Kami


Komunitas Umat Katolik Siarah

Alamat Pusat :
Jalan Karangmenjangan 6 no 49 Surabaya

Information :
+62-31-5936449, +628165454213

Reservation :
+6285330894159

  Whatsapp :
+6285330894159, +628165454213

Emails :
kuks.siarah@gmail.com
markus.prasodj0@gmail.com

 



Cetak   E-mail